Waspadai Sunk Cost dapat Melukai Bisnis Anda

Waspadai Sunk Cost dapat Melukai Bisnis Anda

Bisnis

Pemilik usaha perlu melakukan investasi pada alat dan perlengkapan produksi untuk membuat barang atau produk, dimana jumlah uang yang dikeluarkan merupakan bagian dari kapitalisasi inti. Ketika biaya hangus diperhitungkan, kesalahpahaman tentang hal itu berkembang dan dapat menyebabkan pengambilan keputusan yang buruk.

Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang cara sunk cost dapat merugikan bisnis Anda dan mengapa Anda harus memikirkan kembali strategi Anda.

Apa itu Sunk Cost?

Biaya hangus mengacu pada jumlah uang yang dihabiskan untuk bisnis yang tidak dapat dipulihkan. Misalnya, biaya pembelian alat atau mesin baru untuk produksi. Ini tidak dipertimbangkan saat membuat keputusan bisnis atau memprediksi penjualan, kecuali bisnis Anda tutup dan Anda menjualnya untuk menghasilkan uang.

Cara-cara Kekeliruan Sunk Cost Dapat Melukai Bisnis Anda

  • Berpikir Anda Telah Menginvestasikan Banyak Uang

Bayangkan saja mencurahkan waktu, tenaga, dan uang Anda ke dalam proyek penjualan dan pemasaran dan masih belum menuai hasil yang memuaskan. Apakah Anda akan terus mengejarnya meskipun data mengatakan sebaliknya? Seberapa jauh Anda dapat melangkah tanpa merugikan bisnis Anda?

Misalkan Anda telah menginvestasikan sejumlah besar uang dalam desain kategori karena Anda ingin membuat produk asli dan menjadi produsen eksklusif. Anda telah mempekerjakan konsultan dan teknisi lab dan bahkan melakukan penelitian mahal untuk memastikan kemungkinan sukses yang lebih tinggi. Namun, tahun pertama peluncuran produk menunjukkan sedikit pergerakan dalam penjualan. Apakah Anda masih akan melanjutkan proyek Anda?

Banyak orang berpikir menginvestasikan terlalu banyak uang dalam proyek bisnis harus mendorong pemilik bisnis ke batas push dan melihat seberapa jauh ia bisa melangkah. Namun, melakukan itu adalah contoh yang baik dari kesalahan sunk cost.

Berikut bagaimana bisnis Anda dapat menderita akibat sunk cost fallacy ini:

  • Perusahaan Anda mungkin kehabisan anggaran untuk proyek lain.
  • Frustrasi dan kekecewaan pada diri sendiri dan anggota tim Anda dapat menyebabkan konflik pribadi dan antarpribadi.
  • Anda akan mencoba mencari sumber uang lain untuk mempertahankan proyek Anda, meskipun itu berarti meminjam uang dengan tingkat bunga yang sangat tinggi.
  • Kemungkinan hutang dan kebangkrutan tinggi karena ketidakmampuan untuk melepaskan proyek.

Menilai Bisnis Anda Secara Berlebihan Dapat Menyebabkan Kegagalan

Kesalahan sunk cost lainnya adalah menilai bisnis Anda secara berlebihan. Setelah semua kerja keras Anda dan bertahun-tahun membangun bisnis Anda, Anda hanya ingin mendapatkan uang Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis milik keluarga yang diwariskan oleh leluhur Anda, mencapai generasi kelima dari garis keturunan Anda, dapat dimengerti jika Anda ingin mempertahankan bisnis tersebut. Tentu saja, ini adalah warisan keluarga yang tidak ingin Anda sia-siakan.

Memberi begitu banyak nilai untuk bisnis keluarga Anda sangat menginspirasi. Namun, hal itu dapat merugikan keuangan Anda jika terus-menerus buruk selama bertahun-tahun. Anda mungkin telah mencoba berbagai taktik penjualan dan pemasaran, dan semuanya tampaknya tidak berfungsi lagi. Akankah Anda tetap mempertahankan tradisi, atau mengubahnya, atau meningkatkannya?

Ingatlahtips berikut untuk menghindari kesalahan sunk cost dan menjaganya agar tidak merugikan bisnis Anda:

  • Tetapkan tujuan dan pertahankan. Jika Anda tidak mencapai hasil yang Anda inginkan dalam kerangka waktu yang telah Anda tetapkan, ubah taktik Anda, atau hentikan sama sekali.
  • Untuk bisnis yang lebih sukses, tetapkan anggaran untuk setiap proyek. Terkadang terlalu mudah untuk menambahkan lebih banyak uang, mengira Anda masih memiliki cadangan di bank; atau Anda berencana untuk mendapatkan pinjaman bisnis jika upaya pertama gagal.
  • Pantau dan percayai datanya. Pengauditan dan pengujian tidak bisa terlalu ditekankan. Angka-angka berbicara sendiri. Dan ketika mereka memberi tahu Anda sesuatu yang bertentangan dengan apa yang Anda yakini, inilah saatnya untuk memikirkan kembali dan menilai kembali keputusan Anda.

Tidak Ingin Memulai Dari Awal Lagi

Kesalahan sunk cost yang umum adalah ketakutan menyeret bisnis Anda dari garis awal lagi. Bisnis melibatkan siklus pasang surut, jadi Anda tidak perlu takut untuk tidak mencapai garis finis terlebih dahulu. Sebaliknya, rasa takut seharusnya lebih memotivasi Anda.

Lagipula, bisnis bukanlah lari maraton dengan garis finis. Ini dunia yang berubah dengan cepat, dan tidak mematuhi aturan. Suatu hari Anda berada di puncak dan hari berikutnya Anda mungkin berada di bawah. Membuat diri Anda tersesat oleh sunk cost fallacy hanya akan membuat Anda menyerah alih-alih mencoba cara unik dan kreatif untuk menyukseskan bisnis Anda.

Kesimpulan

Ada banyak kesalahpahaman tentang sunk cost. Anda mungkin berpikir Anda telah menginvestasikan terlalu banyak waktu, uang, dan usaha ke dalam sebuah proyek. Juga, adalah salah untuk berpikir bahwa Anda tidak dapat memulai dari bawah lagi.

Menilai bisnis Anda secara berlebihan dapat merugikan jika Anda terus melakukan hal yang sama. Ini adalah waktu yang tepat untuk menilai kembali metode Anda dan mempercayai metrik Anda untuk keputusan bisnis yang lebih baik.