Kuliner

8 Makanan Khas Sumatera Selatan Terkenal & yang Enak

Sumatera Selatan adalah provinsi yang kaya akan keanekaragaman budaya, termasuk dalam bidang kuliner.

Dikenal dengan rempah-rempahnya yang khas dan pengaruh budaya Melayu yang kuat, makanan khas Sumatera Selatan tidak hanya lezat tetapi juga memikat dengan citarasa yang unik dan beragam.

Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi delapan Makanan Khas Sumatera Selatan yang terkenal dan tak terlupakan.

1. Pempek

Pempek adalah makanan khas Palembang yang telah dikenal luas di seluruh Indonesia. Terbuat dari campuran ikan tenggiri yang digiling halus, tepung sagu, dan bumbu rempah-rempah, pempek memiliki tekstur kenyal dan rasa gurih yang khas.

Pempek disajikan dengan kuah cuko yang asam, manis, dan pedas, serta dicampur dengan irisan timun dan ebi yang memberikan tambahan cita rasa yang nikmat.

2. Tekwan

Tekwan adalah hidangan sup ikan yang juga berasal dari Palembang. Sup ini terbuat dari campuran daging ikan yang digiling halus, tepung sagu, dan bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, jahe, dan sereh.

Tekwan disajikan dengan tambahan bihun, irisan jamur, udang, dan daun bawang yang menambah kelezatan dan keharuman hidangan ini.

3. Pindang

Pindang adalah masakan ikan yang khas dari Sumatera Selatan. Ikan segar direbus dengan bumbu rempah-rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas, dan daun jeruk, serta ditambahkan dengan santan untuk memberikan rasa gurih yang khas.

Pindang memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan harum, serta sering disajikan dengan nasi hangat dan sambal sebagai pelengkapnya.

4. Model

Model adalah hidangan ayam panggang khas Palembang yang terkenal dengan cita rasa yang lezat dan beragam.

Ayam yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah khas Palembang dipanggang hingga matang dan memiliki kulit yang renyah. Model disajikan dengan kuah gulai yang kaya rempah, serta lalapan sayuran segar dan sambal yang pedas.

5. Tempoyak

Tempoyak adalah hasil fermentasi daging buah durian yang sudah matang, dan merupakan hidangan khas Palembang yang memiliki rasa yang unik dan kuat.

Tempoyak memiliki cita rasa asam, pedas, dan gurih, serta sering dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam masakan seperti gulai, rendang, atau tumis.

6. Martabak Har

Martabak Har adalah varian martabak yang khas dari Palembang. Terbuat dari campuran telur, daging sapi cincang, dan bumbu rempah-rempah, martabak Har memiliki rasa yang gurih dan aromatik yang khas.

Martabak ini disajikan dengan kuah kari yang kental dan pedas, serta sering dihidangkan dengan irisan bawang merah dan acar sebagai pelengkap.

7. Lempok Durian

Lempok Durian adalah camilan khas Palembang yang terbuat dari campuran daging buah durian yang sudah matang, tepung beras, dan gula.

Adonan kemudian dipanggang hingga matang dan memiliki tekstur yang kenyal dan manis. Lempok Durian memiliki cita rasa yang khas dari durian, serta sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Palembang yang lezat.

8. Sate Padang

Sate Padang adalah hidangan sate yang berasal dari daerah Padang, Sumatera Selatan. Dibuat dari daging sapi yang dipotong dadu, sate Padang memiliki cita rasa yang khas dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas.

Sate Padang disajikan dengan kuah kari yang kental dan nasi putih, serta sering dihidangkan dengan tambahan irisan bawang merah dan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Kesimpulan

Kuliner khas Sumatera Selatan menawarkan berbagai macam hidangan yang lezat dan beragam, dengan cita rasa yang khas dan unik.

Dari pempek yang kenyal hingga tekwan yang segar, Sumatera Selatan memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada para pecinta kuliner. Jelajahi kelezatan Kuliner Khas Palembang dan nikmati pengalaman kuliner yang tak terlupakan di provinsi ini.